I.
LATAR BELAKANG
Dalam penggunaan alat-alat laboratorium
SMP, terkadang para siswa SMP ceroboh dalam mengunakan alat-alat laboratorium. Dan
para guru tidak terlalu mengawasi para siswa dalam memakai alat-alat dalam
kegiatan praktikum sehingga terkadang alat-alat praktikum sering rusak dan
hilang. Dengan alat-alat praktikum yang rusak maka praktikum tidak dapat
berjalan dengan baik dan para siswa tidak terlalu mengerti dengan praktikum
dikarenakan praktikum dilakukan dengan cara demonstrasi.
II.
TUJUAN
Tujuan dalam penyusunan SOP ini adalah
untuk kegiatan penggunaan alat-alat dalam kegiatan praktikum di laboratorium.
III.
RUANG LINGKUP
1.
Prosedur ini berlaku untuk kegiatan
praktikum siswa dilaboratorium di lingkungan sekolah
2.
Prosedur ini berlaku untuk kegiatan
praktikum rutin, penggunaan alat untuk penilitian siswa maupun guru dan
pengguna dari pihak lain.
IV.
ACUAN
WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB
1.
Kepala
Laboratorium bertanggung jawab terhadap pelaksanaan prosedur ini.
2.
Teknisi/Laboran
bertanggung jawab atas perawatan, penyimpanan, pendistribusian alat,dan
pemeriksaan alat.
3.
Siswa
bertanggung jawab terhadap penggunaan alat dalam kegiatan praktikum dan guru
pembimbing mengawasi dan mengontrol penggunaan alat dalam kegiatan praktikum.
V.
PROSEDUR
A.
Sebelum Praktik
1.
Kepala
laboratorium, teknisi dan analis/laboran mengadakan rapat membahas kesiapan
kegiatan praktik dua pekan sebelum kegiatan praktikum untuk siswa dilakukan;
2.
Kepala
Laboratorium bersama dengan teknisi/laboran mengecek kesiapan dan kelayakan
alat yang akan digunakan satu pekan sebelum kegiatan praktikum dimulai.
3.
Kepala dan
penanggung jawab laboratorium mengecek kesiapan LKS yang akan digunakan untuk
kegiatan praktikum;
4.
Laboran
menyerahkan daftar bon alat kepada siswa/guru untuk diisi alat apa yang akan
dipinjam;
5.
Laboran
menyerahkan alat kepada ketua dan anggota kelompok siswa;
6.
Siswa (ketua
kelompok)/guru bersama dengan teknisi/analis/laboran bersama-sama mengecek
kelayakan alat yang dipinjam. Jika terjadi ketidaklayakan alat akan
dikembalikan kepada laboran/teknisi dan dicatat dalam buku kerusakan alat.
7.
Guru
praktikum diwajibkan mengisi Berita Acara Praktikum yang diketahui oleh penanggungjawab
laboratorium sebelum melakukan praktikum.
B.
Selama Praktik
1.
Sebelum
masuk praktik siswa harus menggunakan jas praktik sesuai dengan ketentuan
dan tidak membawa tas masuk ke laboratorium.
2.
Siswa harus
mengisi buku daftar hadir yang telah disiapkan mulai jam praktik sampai dengan
selesainya praktik.
3.
Guru
menjelaskan cara penggunaan alat kepada siswa praktikan baik yang standart
maupun yang dipinjam sesuai dengan fungsinya;
4.
Siswa
menggunakan alat sesuai dengan fungsi dan petunjuk praktik dan diamati oleh
guru pembimbing.
C.
Selesai Praktik
1.
Siswa
membersihkan alat yang telah digunakan dan mengembalikannya kepada
teknisi/laboran;
2.
Teknisi/Laboran
memeriksa kelayakan alat jika rusak/hilang maka teknisi/laboran mencatat
sebagai alat yang ditinggalkan yang harus diganti oleh peminjam.
D.
Lain-Lain
1. Sebelum menggunakan alat-alat praktikum, siswa
harus memahami petunjuk penggunaan
alat itu, sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diberikan atau disampaikan
oleh penanggungjawab praktikum;
2. Siswa harus memperhatikan dan mematuhi peringatan (warning)
yang biasa tertera pada badan alat;
3. Siswa harus memahami fungsi atau peruntukan alat-alat
praktikum dan menggunakan alat-alat tersebut hanya untuk aktivitas yang sesuai
fungsi atau peruntukannya. Menggunakan alat praktikum di luar fungsi atau
peruntukannya dapat
menimbulkan kerusakan pada alat tersebut dan bahaya keselamatan praktikan;
4. Siswa harus memahami spesifikasi dan
jangkauan kerja alat-alat praktikum dan menggunakan alat-alat tersebut
sesuai spesifikasi dan jangkauan kerjanya. Menggunakan
alat praktikum di luar spesifikasi dan jangkauan kerjanya
dapat menimbulkan
kerusakan pada alat tersebut dan bahaya keselamatan praktikan;
5. Seluruh peralatan praktikum yang digunakan harus
dipastikan aman dari benda/logam tajam, api/ panas berlebih atau lainnya yang
dapat mengakibatkan kerusakan pada alat tersebut;
6. Tidak melakukan aktifitas yang dapat menyebabkan
kotor, coretan, goresan atau sejenisnya pada
badan alat-alat praktikum yang digunakan.
menurut saya, SOP yang anda usulkan ini sudah cukup baik, untuk SOP laboratorium di SMP, susunan standar operasional prosedur sudah cukup sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah menengah pertama (SMP). hanya saja untuk diagram alir di atas, menurut saya agak membn\ingungkan alir-alir nya, sehingga sebaiknya jika anda ingin membuat diagram alir, memang benar-benar sesuai, secara berurutan agar mudah membacanya.
BalasHapusMenurut saya SOP tersebut sudah bagus untuk tingkat pendidikan menengah pertama (SMP). Sedikit tambahan, akan lebih baik jika dibuat Nomor SOP, tanggal pembuatan, tanggal revisi, tanggal efektif, disahkan oleh, dan juga landasan atau dasar hukum dari pembuatan SOP itu sendiri.
BalasHapusSelain itu, untuk diagram alir mungkin bisa lebih dirapikan kembali. Karena menurut sumber yang saya baca, shape/bentuk diagram memiliki arti tersendiri, misalnya shape berbbentuk kotak mengartikan bahwa hal tersebut merupakan proses, shape berbentuk lonjong mengartikan bahwa proses dimulai/berakhir, dll
Slots, video poker, casino & slot machines - JTM Hub
BalasHapusVideo poker machines are 전라남도 출장안마 part of a growing trend in 충주 출장마사지 the online 순천 출장마사지 gaming 울산광역 출장마사지 industry that has exploded. Some of the most popular machines include titanium tube video poker,